Home Product Company Profile Plant Contact

PROFIL PERUSAHAAN
PT PADI UNGGUL INDONESIA

PT Padi Unggul Indonesia (PUI) adalah perusahaan agribisnis swasta di Indonesia berlokasi di Desa Karangtengah Prandon, Ngawi, Jawa Timur, yang merupakan sebuah PMA/Perusahaan Modal Asing yang didirikan di Jakarta berdasarkan Akta Notaris Sri Hadianingsih Adi Sugijanto, SH No. 02 tanggal 2 Agustus 2007, disahkan oleh Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dalam Surat Keputusan No. W7-10002 HT.01.01-TH 2007 tanggal 11 September 2007.


Letak Ngawi

MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuan pendirian PUI adalah untuk membangun serta mengembangkan industri pengolahan padi modern dan terpadu guna memenuhi kebutuhan akan mutu beras yang lebih baik. Sekaligus juga membangun kemitraan dengan kelompok tani dimana PUI nantinya akan membeli dan mengkonsumsi gabah kering panen (GKP) dari kelompok tani di daerah sekitar.

Proyek penggilingan padi PUI berkapasitas 200.000 ton GKP per tahun. GKP akan dipasok secara langsung dari pedagang dan kelompok tani wilayah sekitar yaitu disekitar Jawa Timur maupun Jawa Tengah. PUI juga telah menandatangani kerja sama dengan Bank BRI dan PT Sejahtera Giri Mandiri sebuah perusahaan lokal yang mewadahi kelompok tani untuk memasarkan hasil taninya kepada pabrik penggilingan padi termasuk PUI. Bank BRI akan bertindak sebagai institusi keuangan yang akan membantu memberikan permodalan bagi petani untuk membeli bibit, pupuk, dan kebutuhan lainnya untuk kegiatan pertanian. Di masa depan kelompok tani akan ditangani secara profesional untuk memenuhi keperluan pertanian mereka mulai dari bibit, pupuk, herbisida, dan kebutuhan agronomis pendukung lainnya.

Seperti tampak pada peta dibawah, pengadaan GKP utama untuk memenuhi kebutuhan PUI adalah berasal dari daerah Ngawi-Madiun-Magetan. Area kedua adalah Sragen-Karanganyar-Sukoharjo, sedangkan area ketiga adalah Purwodadi–Blora-Bojonegoro-Tuban, dan area keempat adalah Nganjuk-Jombang-Kediri-Ponorogo.


Area Pengadaan GKP

Produksi GKP di beberapa wilayah di Jawa Tengah dan Jawa Timur tersebut telah mencapai 6 juta ton per tahun (data tahun 2005). Untuk daerah Ngawi saja produksi GKP mencapai sekitar 528.000 ton (data tahun 2005).

PUI akan mengkonsumsi sebesar 200.000 ton GKP per tahun. Jumlah ini relatif kecil dibandingkan dengan potensi jumlah GKP di Ngawi dan daerah sekitarnya. Melihat besarnya ketersediaan GKP, prospek pengembangan PUI di masa mendatang akan sangat besar.

DESKRIPSI PROYEK

Dalam setahun PUI akan mampu menghasilkan sekitar 100.000 ton beras giling. Sebagaimana usaha – usaha industri lainnya, industri ini akan menerapkan suatu sistem manajemen dalam keseluruhan prosesnya yaitu :

  • Pengadaan bahan baku yaitu gabah kering panen/GKP,
  • Pengolahan padi yang meliputi :
    1. Penerimaan dan pembersihan GKP,
    2. Pengeringan
    3. Penyimpanan padi dalam bentuk gabah kering gilling/GKG),
    4. Pengolahan yang dilakukan secara efesien dan menerapkan sistem kontrol kualitas sehingga produk yang dihasilkan memiliki mutu yang lebih baik sehingga memiliki daya saing yang lebih tinggi dipasaran dalam negeri maupun pasaran luar negeri (aromatic premium rice)
    5. Pengemasan

Proyek penggilingan padi PUI ini terdiri dari tiga fasilitas utama, yaitu :

A. Fasilitas penerimaan dan pengeringan gabah
B. Fasilitas penyimpanan gabah, dan
C. Fasilitas penggilingan gabah.

Dimana untuk fasilitas penyimpanan gabah berkapasitas 6 silo x 3000 ton (18.000 ton) yang merupakan penyimpanan dengan kapasitas besar pertama kali di Indonesia.

Gambar 3. Layout Proyek Penggilingan Padi PT. Padi Unggul Indonesia

PUI menggunakan mesin – mesin dengan teknologi yang modern yang diimpor dari Thailand, China, Taiwan, Malaysia, disamping produksi lokal, sedangkan untuk fasilitas penyimpanan gabah kering dibeli dari Amerika.

Kemajuan pekerjaan fisik bangunan proyek penggilingan padi sampai saat ini sudah mencapai 100% (seratus persen) dan sudah mulai berproduksi.

SOSIAL EKONOMI

Proyek pembangunan penggilingan padi ini dari segi sosial juga banyak membantu penduduk wilayah sekitar diantaranya:

  1. Proyek penggilingan ini akan membeli GKP dari kelompok tani wilayah sekitar, yang tentunya akan membantu kelompok tani untuk menyalurkan hasil panen yang pada akhirnya akan membantu kelompok tani ini untuk meningkatkan kesejahteraan hidup mereka.
  2. Proyek dengan kapasitas penggilingan sekitar 200.000 Ton GKP per tahun ini nantinya akan menyerap tenaga kerja untuk membantu produksi. Di masa depan proyek ini akan memperkerjakan sekitar 50 orang tenaga kerja dan 100 orang buruh harian.
  3. Di masa depan melalui kerja sama dengan balai – balai penelitian proyek ini dapat memberikan pelatihan kepada petani untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas GKP, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat sekitar.
  4. Di masa depan proyek ini dapat meningkatkan hasil produksi beras nasional sehingga turut mensukseskan program swasembada pangan nasional.
  5. Di masa depan proyek ini dapat menghasilkan beras dengan kualitas premium untuk diekspor sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian nasional.

PENUTUP

Proyek penggilingan padi PUI ini diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan petani, masyarakat sekitar, dan turut serta dalam meningkatkan perekonomian dan swasembada pangan nasional.

Tentunya PUI sangat mengharapkan dukungan dari para kelompok petani, masyarakat sekitar, pemerintah daerah, dan pemerintah pusat, sehingga proyek penggilingan padi ini dapat berhasil dan terus berkembang secara berkesinambungan demi kesejahteraan rakyat dan bangsa Indonesia.

Home Product Company Profile Plant Contact
© PT Padi Unggul Indonesia